Seni Mengolah Cinta Ala Nabi Yusuf (Revisi)

39

Pasti tahukan gimana cerita nabi tampan dalam Al-Quran? Yups betul beliau adalah Yusuf putera Ya’qub putera Ishak putera Ibrahim a.s. dari cerita tersebut kita akan mengambil hikmah yang bisa memberikan masukan kepada kita agar terhindar dari cinta buta ataupun zina. Banyak loh faktor yang Pendorong nabi Yusuf yang sangat mungkin untuk melakukan perbuatan keji seperti memenuhi ajakan dari istri raja Al-Aziz yakni Zulaikha. Tapi sebelum kesana coba Qt lihat cobaan/Faktor yang menunjang remaja Umumnya yang memungkinkan mereka untuk berbuat keji misalnya mendekati zina.
1. Faktor Alami.
Gak hanya penulis artikel nih ja, tapi semua juga pasti tertarik dengan lawan jenisnya. Cz manusia sejak lahir (asalkan normal dan gak dah kelainan) dah dikasih yang namanya naluri melestarikan jenis tau naluri seksual (Ghorizah nau’). Saya percaya klo masalah ini temen2 pada on line eh maksudnya connect semua…oyii.
2. Keadaan para remaja yang masih mudah
Yang namanya pemuda tu kan ibarat matahari yang di siang Bolong, jadi energi, pemikiran, dan perasaannya semuanya siap meledak atau paling gak kondisinya mendidih 100 derajat nah Begitu pula dengan nafsu Syahwatnya. Dah kebayang kan? Klo mreka Liat kerbau pake lipstik n bedak ja da tertarik (iya soalnya gedean tu kerbau dari pada penggembalanya) pa lagi liat manusia yang mukanya cantik karena babak belur, (maksudnya pake make up dg ditambal2 gtu katanya biar sok cantik gtuh) wuih langsung keseret kayak dua kutub magnet yang pengen lengket.
3. Yang baca masih membujang atau belum menikah (mudah2an benar)
Gak usah Ge eR ngunu ah rek..rek. Nah bagi yang membujang tuh klo syahwat bergejolak dilampiasin kemana coba? gak da kan? ya harus dialihkan pada kegiatan or pemikiran lain, klo gak berhasil ya ditekan donk (puasa misalnya) tu baru yang namanya mulia. Bedakan dg yang udah nikah, mereka ci dah ada tempat pelampiasannya. Halal dan berpahala lagi, makanya buruan nikah! Hwe..hwe..crew Sevenlevel gak bleh tersinggung ya!
4. Pacaran sebagai trend mode sekarang
Saya sbg cowok, tu klo lihat cewek sekarang dah banyak kehilangan rasa malunya. Sampek-sampek mreka kadang2 brani godain or jahilin cowok2 cakep hi..hi. kayak2 dalam pikiran mereka tu klo belum punya pacar ntar dikatain gak laku and kuper gtoh (ingat ini ndak semuanya loh). Jadi pacaran sekarang itu di jadiin trend or mode anak muda sekarang, bahkan sebagian orang tua akan gelisa kalau anaknya di akhir pekan tidak ada yang ngunjungin/ngajak jalan. Hal semacam itu juga berlaku pada pola pikir sebagian cowok. Keagresifan cewek ma cowok buat cari pasangan (pacar) juga karena factor yang kelima ini nih
5. Lingkungan yang nyuguhin fakta tuk menuju kemaksiatan (ya kayak aurot, khalwat)
Gimana gak saling tertarik klo tiap hari lihat aurot yang diobral kayak gitu (gak dikampus, di kampung), samping kanan, kiri, bawah, atas, smuanya bikin risih n rontokin iman, trus harus tutup mata? Ya gak mungkinlah. Klo tu terjadi tiap hari maka akan tertanam pembenaran tentang fakta kebolehan membuka aurot dan melihat hal tersebut. Selanjutnya ketertarikan itu dilanjutin kehubungan yang lebih deket yakni TTM (teman tapi Mesum) dst. Dan lingkungan di remaja yang udah bebas, seperti kumpul cewek-cowok dengan aktivitas gak jelas dan Cuma seneng2 ja trus ada yang mojok segala dapat dijadiin pembenaran juga ma generasi selanjutnya klo pacaran itu sah-sah saja, klo nongkrong cewek cowok dengan aktivitas gak jelas (ikhtilat) tu gak masalah dan wajar2 aja.
Wes cukup, yang saya ketahui cukup 5 ja yang jadi faktor remaja buat lakuin hal2 kejih tau mendekati zina. Nah coba kita lihat nabi Yusuf, cobaan remaja yang saya ketahui tadi blum sberapa dibandingin bliau. Sebagian sama c kayak faktor anak muda sekarang: faktor alami, keadaannya yg masih mudah. Masih bujangan, juga lingkungan (ntar lingkungan disepesifikkan lagi ya) da beberapa yang lainnya nih:
1. Keberadaan nabi Yusuf di negeri asing
Biasanya klo di tempat asing dan dengan keterasingan terkadang dapat mendorong orang untuk bebas melakukan sesuatu sesuka hati. Karena secara individu orang yang jauh dari keluarga atau daerah asalnya merasa belum dikenal oleh orang sekitar sehingga ia pun sadar klo lingkungannya belum terlalu memperhatikan atau menilai lebih dalam tentang dirinya.
2. Cuma satu wanita tapi punya kedudukan yang terhormat dan cantik jelita lagi
Gak terhormat gimana, Zulaikha tu istri raja.. loh kok dibilang cantik, ya iyalah masak raja mau nikah ma orang jelek.
3. Wanita dah kasih lampu Hijau bahkan bendera perang tuk godain biar bisa zina.
Biasanya kendala dari zina tu kan dari pihak wanita yang menolak, eh ini malah yang meminta dengan cara godain nabi Yusuf As. Sedangkan nabi Yusuf sebagai pihak yang diminta? Palagi wanita tu dah ngrasa kuasa jadi bisa maksa2 gitu pakai ancaman. nih ayatnya “…sesungguhnya aku telah menggoda dia untuk menundukkan dirinya (kepadaku) akan tetapi dia menolak. Dan sesungguhnya jika dia tidak mentaati apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan dan dia akan termasuk golongan orang-orang yang hina.”(Qs:Yusuf:32) tapi untung deh bliau gak mau. Tapi konsekwensinya nabi Yusuf harus dipenjara.
4. Nabi Yusuf berada di rumah wanita tersebut dan dibawah kendalinya.
Nabi Yusuf jelas sering ketemu ma tu Zulaikha, kan satu rumah. Palagi posisinya sebagai budak jadi memungkinkan tuk sering kontak ma Zulaikha dan bisa menemuinya di saat-saat orang lain tidak diperkenankan untuk bertemu. Jadi ya bisa ja mendorong untuk melihat sesuatu yang tidak dilihat orang lain.
5. Sang suami Zulaikha gak cemburu lagi..
Saat tu dah ada saksi yang ngatain ke Raja klo Zulaikhalah yang dusta. Tapi gimana coba jawabnya raja? “(Hai) Yusuf: “Berpalinglah dari ini (maksudnya: rahasiakanlah peristiwa ini), dan (kamu hai isteriku) mohon ampunlah atas dosamu itu, karena kamu sesungguhnya termasuk orang-orang yang berbuat salah.”(Qs:Yusuf:29).

Ya itulah kondisi Nabi Yusuf yang bergelut ma tekanan/ ujian yang gak bisa dibilang enteng. Oleh karena itu diawal surat Yusuf As Allah menyampaikan bahwa cerita nabi Yusuf As patut di contoh: “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan) nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui.” (Qs:Yusuf:3)
Oke selanjutnya adalah faktor2 keberhasilan nabi Yusuf.
Bagaimana nabi Yusuf bisa bertahan dan terhindar dari Zina kita simak uraian berikut ini..saudara2.
1. Rasa Takut Kepada Allah Ta’ala.
Rasa takut kepada-Nya tu perisai biar gak terjerumus ke berbagai kekejihan dan kemaksiatan. Rasulullah Saw telah menyebutkan salah satu tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah ta’ala di hari yang tidak ada naungan-Nya. Yaitu seorang yang diajak berbuat mesum oleh seorang wanita yang punya kedudukan dan berparas Cuakep, akan tetapi ia malah Ngatain ama wanita itu: “sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Begitu pula dengan nabi Yusuf dalam firman Allah. “Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata: “Marilah ke sini.” Yusuf berkata: “Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.” Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.”(QsYusuf12:23)
Begitulah hamba Allah yang senantiasa sadar bahwa kesenangan didunia ini hanyalah sementara dan sangat kecil bila dibandingkan dengan kesenangan di akhirat. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda: “Demi Allah, tiadalah perbandingan dunia dengan akhirat melainkan seperti perumpamaan seorang di antara kamu sekalian yang memasukkan jari-jarinya kedalam lautan, maka coba perhatikan apa yang dapat ia peroleh?”(HR. Muslim)
2. Taufik dan pertolongan dari Allah Ta’ala
Allah SWT berfirman: Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya[750]. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih. (Qs:Yusuf12:24)[750]. Ayat ini tidaklah menunjukkan bahwa Nabi Yusuf A.s. punya keinginan yang buruk terhadap wanita itu (Zulaikha), akan tetapi godaan itu demikian besanya sehingga andaikata dia tidak dikuatkan dengan keimanan kepada Allah SWT. tentu dia jatuh ke dalam kemaksiatan.
Seandainya dia tidak melihat tanda dari Rabbnya, niscaya ia pun bermaksud melakukannya perbuatan itu dengan zulaikha tersebut. Lah terus gimana biar dapet taufik dan pertolongan Allah? Ni Rasul saw pernah bersabda “Jagalah Allah, niscaya Allah akan Menjagamu”. Ya gak gampang c, tapi kudu berusaha dan gak boleh putus asa.
3. Usaha Nabi Yusuf untuk lari dari kemaksiatan.
Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati suami wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata: “Apakah pembalasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?”(Qs:Yusuf12:25)
Ya mang bener, salah satu faktor biar bisa ninggalin kemaksiatan ya harus hijrah. Nabi Yusuf ja pek lari-larian buat jauhin tu tempat and orang yang bisa jerumusin ke perbuatan maksiat. Nah contoh lainnya gini, dulu nih ada seorang alim pernah menasehati seorang yang datang untuk meminta nasehat kepadanya sedangkan ia telah membunuh seratus orang. Orang alim tersebut menasehatinya agar meninggalkan negerinya yang penuh dengan kejahatan dan kemaksiatan. Dia menyarankan agar ia hijrah menuju ke negeri yang dipenuhi dengan orang-orang sholih dan bertakwa.
Lari dari kemaksiatan berarti juga mencari lingkungan yang jauh dari pelanggaran terhadap hukum2 Allah swt. Karena lingkungan tu juga perlu banget loh. Nabi Yusuf pun menginginkan tempat tau lingkungan yang jauh dari pelanggaran hukum Allah, tidak ada pilihan lain selain itu, begitulah nabi Yusuf lebih memilih diasingkan dari pada bercampur dengan orang2 yang menjerumuskannya untuk bermaksiat. Sebagaimana firman Allah swt Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.” (Qs:Yusuf:12:33)
Kenapa lingkungan sangat berpengaruh? Tentu ja pak..walaupun temen2 smua tu imannya kukuh dan mantap tapi temen2kan bukan malaikat, so punya peluang untuk geser keluar dari aturan Allah Swt, oleh karena itu kita harus saling mengingatkan, tau bahasa bakunya dalam masyarakat harus ada kontrol sosial. Contohnya gini, klo ada santri pondokan yang kuat bnget imannya dan ilmunya, trus dia pulkam di masyarakat yang ancur dan bobrok tingkah lakunya. Lama kelamaan bisa jadi dia akan terbiasa ngeliat maksiat dan akhirnya menoleransi tu maksiat sebagai aktifitas penduduk yang wajar. Klo parahnya ya ngikut deh ma arus yang lebih besar. Bukannkah rasul pernah bersabda klo orang yang dekat dengan minyak wangi tu harum baunya. Jadi manusia juga gak bisa sepenuhnya lepas dari lingkungan sekitarnya. Nah yang bisa ngadain control social tu ya Negara. Cz disana punya kekuatan hukum yang kuat buat ngatur. Negara tu namanya khilafah. Apakah negara tu wajib? Ya iyalah, cz sebagian hukum islam biar bisa dilaksanain secara Kaffa tu ya klo ada negara. Misal hukum ptong tangan, qisos, trus juga sistem ekonomi, pendidikan, politik islam semuanya hanya bisa diterapin ma negara. Nah sesuai dengan kaidah ushul fiqh gini “suatu kewajiban tidak akan bisa dilaksanakan dengan sempurna, kecuali dengan adanya sesuatu yang lain, maka sesuatu yang lain tu menjadi wajib pula”
Klo kata sesuatu diganti hukum islam gimana? Berarti : Hukum Qisos tidak akan bisa dilaksanakan dengan sempurna, kecuali dengan adanya Khilafah, maka khilafah itu wajib pula. Dan seterusnya.
4. Doa Nabi Yusuf
Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.” (Qs:Yusuf:12:33)
Itulah doa nabi Yusuf kepada Allah Swt. Klo kita melihat doa tersebut, nabi Yusuf ketika diancam dengan kekuasaan maka nabi Yusuf berdoa agar di hindarkan dari lingkungan yang merusak hukum Allah pada lingkungan yang jauh dari tipudaya dan kemaksiatan walaupun harus sengsara dengan lingkungan tersebut (terasing). Dan akhirnya doa beliau pun dikabulkan oleh Allah :
Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf dan Dia menghindarkan Yusuf dari tipu daya mereka. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Qs:12:34)
Selain berusaha kita juga tidak boleh sombong dengan usaha tersebut, sehinnga harus berdoa, sebagai Sabda Rasul saw : “doa adalah senjata seorang mukmin, tiang penyangga agama, serta lentera langit dan bumi.”
Oke teman-teman moga gak jenuh dengan artikel ini dan ada efeknya setelah ngebacan ni Essay. Nih pesan pesan saya pada diri saya dan temen2 semua :
Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya..(Qs:An-nuur 24:34)
Wahai Para pemuda, siapa saja di antara kamu yang mampu berumah tangga, menikalah. Sebab, menikah itu dapat menundukkan pandangan dan membentengi kemaluan. Namun, siapa saja yang tidak mampu, maka hendaknya berpuasa, sebab puasa itu dapat menjadi benteng (bagi seseorang).” (H.r, Bukhori)

Sweetranslate

10 thoughts on “Seni Mengolah Cinta Ala Nabi Yusuf (Revisi)

  1. siiip..
    tapi bagaimana jika kita bukan orang yang kuat iman seperti nabi yusuf? kita udah berusaha menghindari tapi tetap saja terbuai? bagaimana kalau kita ngerti tapi gak mau ngerti…
    bagaimana orng seperti itu..

  2. to Ida: silahkan baca artikel saya yang sebelum belajar melangkah. awali niatmu dengan serius. kamu tau artinya serius. serius berarti siap menghilangkan bentuk kemalasan, keengganan, dan mau menghadapi resiko. karena apa yang ingin kau jalankan (menjaga kesucian) adalah kebenaran mutlak. yang kedua adalah bersabar, bersabarlah walaupun berkali kali gagal dan terbuai ketika mencoba. bersabar juga berarti terus berusaha bangkit ketika gagal mencobanya (jagan lupa berdoa ya) hingga pertolongan Allah datang (maksudnya dilamar..Hee..eh). pokoknya istiqomah walaupun gak pacaran. coz fakta membuktikan gak pacaran GAk bakal MATI..ITU sudah RUMUS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s