Creative Action

Tuangkan IdemuDihimbau kepada para prajurit Allah dan para hamba-Nya yang masih menggengam bara api aqidah islam, para pecinta Allah Swt dan semua generasi pemegang obor estafet islam dari Rasulullah Saw untuk berkumpul di sini, kita saling mengisi kekurangan dan menuangkan keluhan permasalahan kedalam tungku pembakar persoalan. Okey forum kita mulai, sekarang saya ingin bersua dengan kalian, “Semuanya sepakat toh klo dakwah itu kewajiban?”
“Bungkus Yusuf, bungkus”
3Lalu ada saja yang langsung menjawab dengan dalil Al-quran dan hadist1) ada yang meletup letup semangatnya dengan lantang ia berargument.“Hah apakah antum ngumpulin kita-kita cuma buat tanya sesuatu yang udah jelas? Dakwah itu gak Cuma para kiai, ulama atau bahkan para nabi saja, tapi semua yang udah syahadat dan balig wajib buat mengembannya. Bagaimana kita bisa diam ketika blok ambalat dijadikan perebutan antara dua negara yang mayoritas muslim, sedangkan kita tahu klo dua orang muslim yang saling membunuh maka dua-duanya bakal nyemplung neraka2)dan kita pun tahu bahwa seharusnya umat islam gak tersekat-sekat dengan pulau dan bendera-bendera yang bersifat nasionalisme karena laut atau daratan tu kan miliknya Allah Swt dan bukankah kita satu Tuhan, Rasul, dan Kitab yang harusnya bersaudara dan bersatu. Maka klo sudah tahu seperti itu lalu kita diam, dimana iman kita terhadap ayat-ayat Nya? Bila kita melihat orang islam sekarang identik dengan ‘kere’, goblok, anarkis, dan kolot, padahal sanjungan kita Rasulullah Saw sangat cerdas, disegani musuh, mulia dan tegas. Maka pantaskah kita diam membiarkan umat islam nyungsep di tengah jalan?” wau..wau semangatnya kayak pakek batre Alkaline.. Oh bukan tapi pakek tenaga nuklir..BUUUM. saya pun mengimbanginya dengan mengomandokan pekikan takbir…Allahu Akbar!
Yup…oke ladish and gentlemen saya yakin kalian telah menjiwai dakwah. Sekarang siapa yang mau ngutarain hoaknya (keluhannya) ke saya?
“hoeiii gue mau Suf.”
“Huo oh silahkan!”
“Hooek..he..he.. Suf saya tu heran liat kamu. Kok sempet-sempetnya ngurusin kuliah sampek dapet predikat cumloude sgala? Pa gak kerepotan ngatur waktunya? kamukan juga maskotnya SKI (Sie.kerohanian Islam) yang gak henti-hentinya bikin acara gedhe-gedhe. Berapa sih IQ otak kamu Suf? He..he..keturunan Einstain ya?”
“Iya Suf, saya juga sama herannya ma Agil. Emang apa cih pentingnya kuliah? Kuliah sekarangkan kebanyakan formalitas buat dapetin gelar S1 doank, buktinya proses ujian kuliahpun masih sering tengok kanan-tengok kiri. Palagi belum tentu lulus sarjana dapet kerjaan, ya kan? banyak loh pengangguran titlenya sarjana. Klo lo mang jenius mending jenius loe tu kamu fokusin ja ma nyeruhin agama Allah. Benerkan? Gimana temen2 sepakat bukan?”
“Mantab tenan argumenmu Bud, iya tu Suf, saya juga ngrasa klo kuliah tu banyak gak nyambungnya ma kehidupan di masyarakat. Banyak teorinya. Masak aq disuruh metakan bahasa segala (Dialektologi) kurang kerjaan kale…”
Lalu sayapun menghentikan sejenak celotehan teman-teman
“Rek, gantian rek. Jangan main keroyok gtu ah.. kayaknya saya banyak yang merhatiin ya..he he. Saya sepakat sekaligus nyuueseel buanget ma pendapat kalian. Apa memperbaiki kuliah itu dosa? Justru saya tanya klo kita gak serius kuliah apa gak malah ganggu dakwah? Eh maaf saya juga gak serius kuliah tapi saya memahami cara kuliah. Lalu klo Nilai jeblog otomatis trust kita dimata objek dakwah bakal keok dan sebaliknya kan? Bukan masalah ntar jadi pengangguran atau tidak tapi ini masalah kita terlanjur masuk dunia perkuliahan, mau gak mau kita juga harus menghadapinya. Maaf, bukan malah menjadikan dakwah sebagai ajang pelarian. Klo kita jenuh pelajaran maka rajin dakwah. Tapi waktu males dakwah pakek alasan kuliah. Kita harus strategis donk. profesional gtu loh. Bukankah pengemban dakwah adalah orang yang bisa menyelesaikan masalah dan di dalam otaknya mengatakan bahwa tidak ada masalah yang tidak ada solusinya?”
“Iya deh Suf kita yang salah, kita ngiri ma kamu..hiks9x. Jangan cuman teori doank ta! Katanya ini tungku pembakar persoalan bukan malah nutup persoalan kan? Ayolah kasih kita bocoran dikit ya, katanya kamu tahu cara kuliah.. mang gimana?”
“Semuanya senyum dlu donk (termasuk yang baca)..Ayo keluar ruangan trus hirup udara segar (jangan kentut ya) lalu pandang kelangit. Luas bukan? Nah kayak gtu deh, cara kita harus seluas langit di angkasa. Yang harus dipahami dakwah itu utama, dan kuliah itu sampingan, tapi sampingan yang profesional!”
“Sepakat. brarti dakwahnya tambah profesional..Donk.”
“yo’ah. Tapi kita sekarang bahas kuliah sebagai sampingan yang profesional. Jadi ne cara saya dlu waktu kuliah. Caranya gunakan sgala sarana dan bumbuhi dengan ide-ide kreatif kalian. Bagi kalian yang gila musik simak baik2, kalian udah mesti punya mp3/mp4. Gak usah yang mahal2 asalkan udah bisa buat rekam suara tu dah cukup. Sadap tu dosen waktu bliau ngajar. Klo perlu duduk depan skalian, selain lebih menjangkau suara juga lebih aman dari pemandangan liar para cewek yang gak sadar pakaiannya dah bikin pikiran gentayangan. Nah ndengerinnya bisa sebelum tidur tau habis pulang kuliah. Ne kan buat efektifin waktu kalian yang puadet. Tiga kali ndengerin insya Allah mbekas deh di otak.” Sebagai catatan: usahain rekam dosen cowok aja, tapi klo pengen ngerkam yang cewek juga, pastiin rekaman tadi gak bikin fitnah bagi diri kalian dan orang lain.
“Apa kurang asik? Oke klo gtu rekam ja suara kalian sendiri. Rekam kutipan penting, rumus2 sulit etc. Trus waktu ngrekam coba kalian sisipin ma teriakan emosi kalian tentang tu rumus ‘arrrggg dasar rumus bla bla bla, teganya dikau bikin pinter gue’ terserah bisa kalian ketawain, dipuitisin, didangdutin tau mau coba kalian sanjung2 tu kutipan. Intinya ada combinasi antara emosi dan materi. Ne bisa bikin ingatan kalian lebih hidup!”
“Minta lagi? Apa ya? Hmm suka sms kan? Nah sekarang gunakan jari terampil kalian buat sekedar nulis materi yang mau kalian hafal, Ne dikit-dikit asal rutin. Jangan kalian tulis di message untuk ngirim pesan tapi tulis di Alarm atau schedule. Set jam tayangnya agar muncul di waktu kalian lagi nyantai. Jangan Cuma munculin satu kali tapi rencanain munculnya 4-5 kali, sekalian munculinnya bisa waktu kalian mau sholat tahajud, cz waktu malem gtu bacaan kita lebih berkesan. Gimana mau coba?
“Ketagihan ya? Oke saya suplay lagi ya contohnya. Sapa yang demen ma vandalisme? Ambil karton lalu potong sesuai kebutuhan. Nah disana bisa kalian tulisi point penting materi kuliah yang kalian program. Skali lagi menulis bukan diprint dan nulisnya harus gokil loh. Klo perlu bli spidol warna trus tumpahin emosi kalian ke tu karton. Bagi yang suka baca komik bisa nambahin karton ama gambar yang sesuai ma suasana kalian, misalnya ilustrasi Semangat Son Goku yang waktu jadi superseiyah III..Jeeeglaaar. Corak spidol seperti kuat tidaknya tekanan spidol, tebal tipisnya bisa mempengaruhi penerimaan informasi kalian untuk cepet nancep di memori otak. Semakin seru kalian nglakuin maka semakin kuat cengkraman memori otakmu. Tempelnya juga yang asik. Bisa di langit2 kamar, tembok kamar, lemari kamar tau bisa juga di dapur. Jadi setiap saat kalian dapat belajar tanpa harus nentuin waktunya, karena setiap sudut ruangan adalah tempat belajar. Ah rasakan sajalah!
“masih tentang corat-coret. Kebayang gak klo cara corat-coret tu bisa digunain buat ajang dakwah? Gampang, asal corat coretnya kalian kaitkan dengan analisis islam. Serta bentuknya gak ganas kayak vandalisme di kamar kalian, maksudnya klo bisa di Print aja. Jadi Gini! kalian cari salah satu materi/rumus yang dibutuhin publik lalu kalian ketik dan kalian kasih contoh yang islami. Trus tempel di mading2 jurusan tau papan pengumuman di kampus kamu. Misalnya untuk jurusan bahasa indonesia yang bahas masalah majas:

Majas paralelisme epifora adalah majas penegasan seperti repetisi tetapi dipakai dalam puisi, dan kata atau frase yang diulang terletak diakhir kalimat.
Contoh:
Yakinlah pejuang islam, demokrasi pasti tumbang
Bangkitlah para Pendobrak Tiran, demokrasi pasti tumbang
Gelorakan idiologi islam, demokrasi pasti tumbang

Klo contohnya terlatu panas bisa kalian rendam dulu lalu kalian ganti yang lebih diplomatis dan sesuai dengan linkungan kampus kalian. Selain kalian bisa hafalin tu materi, kalian juga bisa bikin orang lain tersisipkan dengan ide-ide islam. Otomatis ketika mereka belajar tentang tu majas dia bakal ingat ma ide tadi.”
Ini hanya masalah belajar mengingat. Untuk permasalahan lain seperti Tugas menggunung, braind image penggemban dakwah bisa kalian cari sendiri solusinya mengunakan cara lain yang efektif dan kreatif, entah itu gunakan team building etc lah. Pada intinya kalian gak usah lari atau putus asa dengan masalah. Tapi bagaimana menjadikan masalah kita sebagai tantangan untuk diselesaikan tanpa harus berpaling dari fokus kehidupan ini yakni mengabdi kepada-Nya. Maka luankanlah waktu kalian sejenak, setelah sholat tuk memikirkan langkah kreatif dalam jalan dakwah dan kehidupan di hari esok. Agar dalam melangkah kalian tak merasakan kejenuhan dan kehampaan makna kehidupan. Jadikan waktu bernafas kalian itu bernada dan jangan dibiarkan hening.”
“Loh rek kok jadi sepi gini… loh tidur ya kalian…?” (Raind Nebula)

1) “Serulah manusia ke jalan Rabb-mu (Allah) dengan jalan hikmah dan nasihat yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik” (Qs: an Nahl [16]:125) Demi dzat yang jiwaku berada ditanga Nya, sungguh kalian (memiliki dua pilihan, yaitu benar-benar memerintah berbuat ma’ruf dan melarang berbuat mungkar, ataukah Allah akan mendatangkan siksa dariNya yang akan menimpa kalian. Kemudian setealh itu kalian berdoa, maka doa itu tidak akan dikabulkan. (HR. Tirmidzi)
2) Jika terjadi saling membunuh antara dua orang muslim maka yang membunuh dan yang terbunuh keduanya masuk neraka. Para sahabat bertanya, “Itu untuk si pembunuh, lalu bagaimana tentang yang terbunuh?” Nabi Saw menjawab, “Yang terbunuh juga berusaha membunuh kawannya.” (HR. Bukhari)

6 thoughts on “Creative Action

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s