ANALISIS SEMIOTIK DALAM LIRIK LAGU “SHOUTUL KHILAFAH” (KAJIAN CHARLES SANDERS PEIRCE)

skripsi ini ditulis oleh
Rendra Siswoyo, S.S
062144024
UNESA LIDAH WETAN
email : S3ven_l3vel@yahoo.com
085 645 068 266
HALAMAN MOTTO

KAMI BERJUANG BUKAN UNTUK MATERI
KAMI SIAP MENJADI TUMBAL UNTUK AGAMA INI
KEJAYAAN ISLAM HARUS MUNCUL KEMBALI
ATAU DARAH KAMI TUMPAH KARENA-NYA LALU MEWARNAI BUMI

HALAMAN PERSEMBAHAN

Allah SWT. dengan segenap nikmat, karuniah juga pertolongan yang senantiasa menjadi kejutan bagi hamba-hamba-Nya. Segala yang sulit menjadi mudah dan yang tak terlihat akan nampak nyata. Yang telah mengatur Rizki, hidup dan mati saya. Yang telah memudahkan untuk memahamkan saya pada jalan perjuangan yang mulia.
Rasulullah SAW. Atas teladannya, dalam kesempurnaan takwa, kesempurnaan dakwah, kesempurnaan qona’ah, dan dalam segala aspek kehidupan yang diwarnai dengan Quran dan Sunnah.
Orang tua saya, yang telah sepenuh jiwa mendidik saya dan menyayangi saya, menyemangati saya, yang menjadi tempat sandaran bahu saya tatkala masalah hinggap di pundak saya.
Ustadz-ustadz Hizbut Tahrir Indonesia, yang telah mengiklaskan untuk mendidik saya menjadi hamba Allah yang istiqomah berdakwah di jalan Nya.
Ust. Fauzi terimakasih atas nasehat dan juga teguran yang kadang terasa seperti obat yang pahit namun pada akhirnya menguatkan sendi iman saya.
Mas Hanif yang senantiasa memberikan keteladanan dalam keistiqomahan, terimakasih atas laptopnya.
Akhi Bayu dan Wahyu yang menjadi teman dalam bertukar kata dan saling melempar tawa dalam takwa.
Akhi Mamang, terimakasih atas kejutan-kejutan pangjang saat mengantarkan saya menuju tempat-tempat persinggahan kita.
Akhi Fendi, semoga senantiasa istiqomah dan mampu mengoptimalkan kemampuan geraknya.
Akhi Fatkur, akhi Huda, akhi Adam , akhi Budi dan akhi Mardian, kalian adalah martir-martir Allah yang selalu menginspirasi saya untuk menaklukkan target-target dakwah.
Akhi Baikun, akhi Sholeh, akhi Amin, akhi Ghofur, akhi Andik dan akhi Suryadi tetaplah menyalakan iman kalian hingga kita bisa bersama-sama menerangi pemikiran masyarakat sekitar kita.
Bu Yo dan Pak Anas serta segenap dosen yang membimbing saya, doa saya selalu mengalir untuk kalian semua agar selalu dekat dengan Allah SWT.
Untuk istri saya, tetaplah terjaga dalam kestabilan iman untuk bersama menerjang dan menghantam hambatan di depan kita hingga kita mampu meraih ridho-Nya.

KATA PENGANTAR

Dengan sepenuh jiwa penulis mengungkapkan rasa syukur yang tiada terkira kepada Zat yang Maha Indah, Maha bijaksanan, Maha Kuasa yang telah membukakan jalan-jalan kemudahan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul ANALISIS SEMIOTIK DALAM LIRIK LAGU “SHOUTUL KHILAFAH” (KAJIAN CHARLES SANDERS PEIRCE). Shalawat dan salam senantiasa tercurah pada kekasih Allah SWT, insan yang paling sabar, paling tawakal, paling teguh dalam menjalankan agama-Nya, Nabi Besar Muhammad SAW.
Skripsi ini merupakan hasil analisis tentang makna yang terkandung dalam kumpulan lirik lagu shoutul khilafah. Analisis yang terdapat dalam penelitian ini menggunakan pisau analisis semiotik. Secara mendasar analisis diarahkan pada makna lirik berdasarkan kajian Charles Sanders Peirce yang terdiri dari trikotomi tanda. Dalam memberikan makna menggunakan kajian Peirce didukung dengan kajian secara struktural yang memberikan makna secara keseluruhan lirik lagu tersebut.
Penulis menyadari dalam penyusunan skripsi ini tak lepas dari bimbingan dan bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
1. Drs. Joharni Harjono sebagai pembimbing skripsi sekaligus orang tua kedua penulis di Universitas Negeri Surabaya.
2. Prof. Setya Yuwana, MA. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.
3. Dr. Suyatno, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
4. Andik Yulianto, S.S., M.Si. selaku dosen penguji.
5. Bapak dan Ibu Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang telah memberi bekal ilmu dan sarana yang menunjang skripsi ini.
6. Rekan-rekan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang telah membantu penulisan skripsi ini.
7. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Penulis sebagai manusia biasa yang tidak luput dari salah dan lupa, menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan.
Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bisa memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca sehingga bisa dijadikan acuan bagi penelitian dan pengembangan bahasa.

Surabaya, 05 Januari 2011

Penulis

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………..………………….i
HALAMAN PERSETUJUAN …………………………………………………………………….ii
SURAT PERNYATAAN ………………………………………………………………………..iii
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………………iv
HALAMAN MOTTO ………………………………………………………………………………..v
HALAMAN PERSEMBAHAN ………………………………………………………………….vii
KATA PENGANTAR …………………………….……………………………vii
DAFTAR ISI ……………………………………….…………………………x
DAFTAR TABEL …………………………………………………………………………………xii
DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………………………….xiii
ABSTRAK ………………………………………….…………………………xiv
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………..…1
1.1. Latar Belakang …………………………………………….……1
1.2. Rumusan Masalah ……………………………………………….8
1.3. Tujuan Penelitian …………………………………..……………8
1.4. Manfaat Hasil Penelitian ……………………………………9
1.4.1. Manfaat Teoritis ………………………………………9
1.4.2. Manfaat Praktis …………….…………………………9
BAB II KAJIAN PUSTAKA ……………….…………………… ………….10
2.1. Penelitian Sebelumnya yang Relevan 10
2.2. Landasan Teori 13
2.2.1 Strukturalisme 13
2.2.2 Semiotik 13
2.2.3 Semiotik Charles Sanders Peirce 16
2.2.3.1 Segitiga Semiotik Charles Sanders Peirce 16
2.2.4 Klasifikasi Tanda menurut Peirce 18
2.2.4.1 Trikotomi Pertama 19
2.2.4.2 Trikotomi Kedua 21
2.2.4.2 Trikotomi ketiga 23
BAB III METODE PENELITIAN
3.1. Pendekatan Penelitian 26
3.2. Sumber Data dan Data………………………………………….26
3.3. Teknik Pengumpulan Data .….……………………………….27
3.4. Teknik Analisis Data …………..……………………………….28

BAB IV ANALISIS SEMIOTIK DALAM LIRIK LAGU “SHOUTUL KHILAFAH” (KAJIAN CHARLES SANDERS PEIRCE) .……………………………… 31
4.1. Makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi pertama Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Ikon, Indeks dan Simbol …..………………………………………………..… 31
4.2. Makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi kedua Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Qualisign, Sinsign dan Legisign …… ………49
4.3. Makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi ketiga Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Rheme, Discent dan Argument ………………………… ..54
BAB V SIMPULAN DAN SARAN 64
5.1 Simpulan………………………………………………………… 64
5.2 Saran………….…………………………………………………. 65
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………..66

DAFTAR TABEL

No. Halaman
1. Tabel 4.1 Trikotomi pertama Charles Sander Peirce………………… …31
2. Tabel 4.2 Trikotomi kedua Charles Sander Peirce …………… ….49
3. Tabel 4.3 Trikotomi ketiga Charles Sander Peirce 54

4. DAFTAR LAMPIRAN
No. Halaman
1. Lampiran1 lirik lagu shoutul khilafah 68
ANALISIS SEMIOTIK DALAM LIRIK LAGU SHOUTUL KHILAFAH
(KAJIAN CHARLES SANDERS PEIRCE)

Rendra Siswoyo

ABSTRAK

Pengkajian puisi dalam menggunakan pisau analisis semiotik sudah harus menjadi bagian dari aktivitas para kritikus sastra. Namun pemilihan puisi yang bertemakan islam dan perpolitikan islam sangatlah jarang. Untuk itulah penulis melakukan kajian terhadap lirik lagu Shoutul Khilafah yang memiliki nuansa islam sekaligus menyinggung tetang perpolitikan dalam sudut pandang islam. Mengupas makna yang terkandung didalam lirik lagu Shoutul Khilafah tersebut digunakan kajian semiotik Charles Sanders Peirce yang terdiri dari Trikotomi pertama, kedua dan ketiga. Dalam mengupas makna melalui kajian Peirce juga didukung dengan kajian yang mampu menonjolkan makna yang diinginkan, seperti kajian intertekstual dan juga kajian heuristik dan juga reproaktif.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apa makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi pertama Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Ikon, Indeks dan Simbol? (2) Apa makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi kedua Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Qualisign, Sinsign dan Legisign? (3 )Apa makna lirik lagu shoutul khilafah berdasarkan trikotomi kedua Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Rheme, Discent dan Argument?
Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) Memperoleh deskripsi makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi pertama Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Ikon, Indeks dan Simbol. (2)Memperoleh deskripsi makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi kedua Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Qualisign, Sinsign dan Legisign. (3)Memperoleh deskripsi makna lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan trikotomi kedua Charles Sanders Peirce yang diuraikan melalui Rheme, Discent dan Argument.
Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Melalui metode tersebut diperoleh hasil dari analisis yang telah dilakukan:
Pada trikotomi pertama yang sering muncul adalah pemaknaan secara indeks dan juga simbol. Hal tersebut dapat dijelaskan karena sebuah lagu tidak lepas dari pengaruh pemikiran yang terdapat di luar teks. Dan juga dikarenakan lirik Shoutul khilafah bernuansa islam maka terdapat banyak simbol-simbol islami.
Pada trikotomi kedua makna keseluruhan dapat dijelaskan bahwa masih banyak kata yang telah menjadi representamen hanya saja belum mampu menjadi tanda dikarenakan tidak teraplikasikannya representamen tersebut. Misalkan khilafah yang merupakan sinsign yang menuntut sebuah penerapan agar berfungsi sebagai tanda.
Pada trikotomi ketiga makna yang menonjol adalah makna menunjukkan bahwa tanda yang merupakan preposisi dan berfungsi sebagai pengantar suatu penjelasan, discent. Disamping itu juga terdapat makna yang berkaitan dengan pernyataan untuk menyatakan kebenaran dan menyimpulkan suatu persoalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s