SKRIPSI : BAB III METODE PENELITIAN

skripsi ini ditulis oleh
Rendra Siswoyo, S.S
062144024
UNESA LIDAH WETAN
email : S3ven_l3vel@yahoo.com
085 645 068 266

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Pendekatan Penelitian
Kriyanto dalam Susanto (2008:39) menyatakan pendekatan mengandung dua sifat. Yakni membatasi pandangan dan selektif. Maksudnya adalah dalam penelitian peneliti telah menentukan perspektifnya tentang realita. Peneliti memerhatikan, mengiterpretasi dan memahami stimulasi dari realita yang ditemui serta mengabaikan stimulasi lain, lalu peneliti berperilaku sesuai dengan prespektif itu.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Semiotik. Pendekatan semiotik akan mengupas lirik lagu berdasarkan teori semiotik dan juga menuangkan makna berdasarkan tanda-tanda yang tersematkan dalam setiap data penelitian.
3.2 Sumber Data dan Data Penelitian
3.2.1 Sumber data
Lirik lagu Shoutul Khilafah diambil dari CD (compact dish) yang dikeluarkan setelah lagu tersebut dilantunkan di GUBK (Gelanggang Utama Bung Karno) dalam acara Konfrensi Khilafah Internasional tanggal 12 Agustus 2007. CD (Compact Disc) Shoutul Khilafah diproduksi oleh khilafatuna (K) Production dan para pelantunnya berasal dari Banten, CD tersebut sudah tersebat di kota-kota besar Indonesia. Lirik lagu dalam CD tersebut merupakan data primer.
3.2.2 Data
Data penelitian ini berupa lirik lagu yang dapat dinyatakan sebagai puisi. Lirik lagu shoutul khilafah terdiri dari bait-bait yang di dalamnya terdapat baris-baris yang disusun oleh kata-kata. Bait-bait dalam lirik lagu tersebut tersematkan tanda-tanda dalam bentuk kata yang dapat dipahami secara semiotik.
3.3 Teknik Pengumpulan Data
Menurut Nazir dalam Susanto (2008:42) bahwa pengumpulan data adalah prosedur yang sistematis dan standart untuk memeroleh data yang diperlukan. Untuk memeroleh data yang diperlukan dalam lirik lagu Shoutul Khilafah yakni melalui teknik penggunaan dokumen. Hal tersebut dilakukan karena menurut Guba dan Lincoln dalam Moleong (2002:160) bahwa data yang telah ada sebagaimana record dan dokumen bisa didapatkan dengan mudah bila data memang pernah didokumentasikan dan direcord. Beberapa proses pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Mendengarkan dan menyalin lagu Shoutul Khilafah
Sumber data yang didapat dari hasil rekaman ditambah hasil pencarian lagu Shoutul Khilafah pada anggota Ormas HTI, didengarkan berulang-ulang. Kemudian disalin kedalam teks sehingga menjadi lirik lagu Shoutul Khilafah.
2. Mengklasifikasikan data
Pengklasifikasian dilakukan terhadap lirik lagu Shoutul Khilafah berdasarkan tema yang ada dalam lirik tersebut. Tema yang tampak seperti seruan untuk pejuang khilafah, seruhan islam untuk Indonesia, seruan islam kepada remaja, dan seruan islam kepada umat manusia dan dunia. Dengan klasifikasi tersebut tidak dimaksudkan untuk menggaburkan bagaimana makna lirik lagu shoutul khilafah secara keseluruhan. Melainkan sebagai penegasan tema dan fungsi yang terdapat dalam lirik lagu untuk dideskripsikan lebih dalam.
3. Memasukkan data
Peneliti akan memasukan data yang sudah diklasifikasikan dalam tema ke dalam tabel yang diberik kode agar mempermudah proses analisis data. Data tersebut akan dianalisis berdasarkan semiotik Peirce dengan trikotomi tanda pertama, kedua dan ketiga.
Berikut ini adalah contoh salah satu lirik lagu Shoutul khilafah yang dimasukkan dalam tabel.
No Trikotomi 2 Peirce Bentuk tanda
Qualisig La illahaillahlah, Muhammadur Rasulullah (TIS/I/1-2)
Quran dan sunnah (TIS/II/3)
Sinsign Ayo tegakkan Daulah al Khilafah (LBI/II/9)
Syariah (TIS/II/4)
hukum Allah (SK/III/10)
kehidupan islam (SK/IV/16)
Islam rahmat seluruh alam (SIS/I/1)
Tegakkan Al-Islam hancurkan kemungkaran (HAJ)
Bersih hidup dalam naungan tatanan syariah (RIB/I/5)
Legisign Islam (TIS/II/4)
Hukum Jahilliyah (TIS/III/12)
tinggalkan islam hidup terhina (SIS/I/6)

3.4 Teknis Analisis Data
Teknik analisis data merupakan bentuk langkah kerja yang sistematis dalam kerja penelitian. Dalam analisis data yang telah dikumpulkan mulai diperlakukan dengan cermat dan sistematis berdasarkan permasalahan yang diajukan.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan tiga tahapan analisis data. Ketiga tahapan tersebut dijabarkan sebagai berikut.
1. Analisis data
Peneliti menganalisis data yang sudah dimasukkan ke tabel lengkap dengan data-data yang telah diklasifikasi dan diberi kode sebelumnya. Analisis tersebut sebagai upaya untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil akhir akan menjadi suatu masukan yang penting sebagai pengetahuan yang sesuai dengan tujuan dari penelitian ini.
2. Mendeskripsikan hasil analisis data
Peneliti menganalisis data dengan teori semiotik Peirce. Kemudian dideskripsikan berdasarkan makna dan fungsi lirik lagu Shoutul Khilafah sebagaimana yang dijelaskan dalam bab II
3. Menyimpulkan hasil analisis data
Pengambilan kesimpulan didasarkan pada hasil analisis yang sesuai dengan makna dan fungsi yang terdapat dalam lirik lagu Shoutul Khilafah. Kesimpulan yang didapat dari deskripsi dari hasil analisis merupakan hasil akhir dari penelitian ini.
4. Melaporkan hasil analisis
Melaporkan hasil analisis ke dalam bentuk laporan hasil penelitian yaitu skripsi

6 thoughts on “SKRIPSI : BAB III METODE PENELITIAN

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh…
    sy mahasiswa bahasa inggris yang sdng menempuh skripsi, skrg sdng menggarap chapter IV, analisis lagu Soulder of Allah album ke-2. menggunakan analisis semiotik (tanda yang kontradiktif antara dua ideologi-Islam&Kapitalism). saya juga dpt inspirasi awal dari skripsi SevenLevel… thanks
    Oy pak, jika tidak keberatan, sy pengen punya soft copy Bab IV punya anda, sy pengen lihat contoh tabelnya karena dalam blog ini tidak dalam bentuk tabel. hanya contoh tabel saja tidak apa2 meski bukan bab IV secara keseluruhan. Terima Kasih
    Selain itu, ananalisis yang saya ambil ini baiknya pakai pendekatan objektif atau mimesis ya Pak? terima kasih atas jawaban dan respon bapak.

  2. Sya harap bsa mempublikasikan secara jels akn bgaimana data dlm skripsi bs di perjelas scra detai terutama rumus2 yg di pake dalam metodologi penelitian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s